Strategi Echt-Time: Genre Game Yang Menuntut Kecepatan Dan Kecerdikan

Strategi Echt-Time: Genre Game yang Menuntut Kecepatan dan Kecerdikan

Genre game strategi real-time (RTS), alias "R-time Strategy" dalam bahasa gaul, adalah sebuah genre yang menguji keterampilan strategis dan refleks para pemainnya. Berbeda dengan game strategi berbasis giliran, RTS mengharuskan pemain untuk membuat keputusan dan mengeluarkan perintah dalam waktu yang hampir bersamaan.

Ciri-ciri Khas RTS

RTS memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari genre strategi lainnya, yaitu:

1. Permainan Real-Time:
Seperti namanya, RTS dimainkan dalam waktu nyata, tanpa jeda atau giliran. Ini menciptakan rasa urgensi dan memaksa pemain untuk bereaksi cepat terhadap perubahan situasi.

2. Pembuatan Basis dan Pengumpulan Sumber Daya:
Pemain biasanya harus membangun basis, melatih unit, dan mengumpulkan sumber daya untuk mengembangkan kekuatan militer mereka. Sumber daya yang terbatas memaksa pemain untuk memprioritaskan penambangan dan menjaga keseimbangan ekonomi mereka.

3. Skala Besar:
RTS sering menampilkan pertempuran besar-besaran dengan ratusan atau bahkan ribuan unit di layar. Ini mengharuskan pemain untuk mengelola tentara mereka secara efektif dan menugaskan strategi yang tepat.

4. Keberagaman Unit:
RTS biasanya menawarkan berbagai macam unit, masing-masing dengan kemampuan dan fungsi unik. Pemain harus mempelajari seluk beluk unit mereka dan mengkombinasikannya untuk keuntungan taktis.

Sejarah RTS

RTS menemukan akarnya di game strategi awal seperti "The Sentinel" (1986) dan "Dune II" (1992). Namun, "Warcraft: Orcs & Humans" (1994) secara luas dianggap sebagai game RTS pertama yang sukses secara komersial. Game-game seperti "Age of Empires" (1997) dan "StarCraft" (1998) membantu mempopulerkan genre ini dan tetap menjadi tolok ukur industri hingga saat ini.

Gameplay RTS

Permainan RTS biasanya melibatkan siklus gameplay berikut:

1. Pembuatan Basis:
Pemain membangun pusat komando, barak, tambang, dan struktur lain untuk melatih unit, menghasilkan sumber daya, dan mempertahankan diri.

2. Pengumpulan Sumber Daya:
Pemain mengirim unit penambang untuk mengumpulkan kayu, makanan, atau sumber daya lainnya yang diperlukan untuk pembangunan dan perluasan.

3. Pelatihan Unit:
Dengan sumber daya yang tersedia, pemain melatih unit militer seperti prajurit, pemanah, atau kavaleri.

4. Pengintaian dan Penaklukan:
Pemain menjelajahi peta, mencari musuh dan sumber daya baru. Mereka kemudian menaklukkan musuh dengan mengirim pasukan dan menghancurkan struktur mereka.

5. Teknologi dan Peningkatan:
RTS sering kali menampilkan sistem teknologi yang memungkinkan pemain untuk meneliti peningkatan untuk unit, struktur, dan kemampuan mereka.

Subgenre RTS

Genre RTS telah berkembang menjadi beberapa subgenre, antara lain:

1. Historis RTS:
Game-game seperti "Age of Empires" dan "Medieval II: Total War" menempatkan pemain dalam latar sejarah, dengan unit dan teknologi yang mencerminkan era tertentu.

2. Sci-Fi RTS:
Game-game seperti "StarCraft" dan "Command & Conquer" berfokus pada pengaturan fiksi ilmiah, dengan unit futuristik dan teknologi canggih.

3. Militer Realistis RTS:
Game-game seperti "ARMA" dan "Wargame: Red Dragon" memberikan penekanan pada realisme militer, dengan simulasi fisika dan mekanika tempur yang mendalam.

4. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena):
Subgenre hibrida yang menggabungkan elemen RTS dengan gameplay aksi-RPG.

Kompetisi eSports

RTS telah berkembang menjadi sebuah olahraga eSports yang kompetitif, dengan turnamen dan liga profesional yang diselenggarakan di seluruh dunia. Game-game seperti "StarCraft II" dan "Warhammer 40,000: Dawn of War III" memiliki basis pemain aktif dan adegan turnamen yang besar.

Kesimpulan

Strategi real-time adalah genre game yang menggabungkan strategi, refleks, dan keterampilan manajemen. Sifatnya yang menantang dan permainan berbasis waktu menjadikannya pengalaman yang seru dan mengasyikkan bagi para pemain. Berbagai subgenre RTS menawarkan gaya bermain yang unik dan menguji keterampilan pemain dalam berbagai pengaturan. Dengan popularitasnya yang terus meningkat dan pertumbuhan scene eSports, genre RTS pasti akan terus memikat penggemarnya di tahun-tahun mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *